Gunungkidul, muspla.sch.id– SMK Muhammadiyah 1 Playen mendapat kunjungan dari SMK Budi Perkasa Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi pada Kamis, 28 Oktober 2021. Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 08.00 – 12.00 WIB di Kampus Unit 1. Rombongan SMK Budi Perkasa berjumlah 7 orang terdiri dari Ketua Yayasan Guna Tirta, Kepala Sekolah, Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan, Wakil Kepala Sekolah Bidang SDM, Ketua Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD), Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kepala Tata Usaha. Para tamu disambut oleh Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen beserta Waka dan Kepala Tata Usaha.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen menyerahkan cindera mata kepada Kepala SMK Budi Perkasa.

Kepala sekolah SMK Muhammadiyah I Playen, Drs. H. Wadiyo, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan dari SMK Budi Perkasa Bekasi. Sebagai sekolah yang ditunjuk dari Kemendikbudristek menjadi SMK Pusat Keunggulan maka sudah seharusnya untuk saling berbagi kepada sekolah lain. Meskipun demikian kami juga selalu berbenah untuk perubahan ke arah yang lebih baik dan tentunya kami sangat membutuhkan masukan dan saran dari pihak lain, yang salah satunya dari SMK Budi Perkasa untuk kemajuan sekolah kami.

Menanggapi sambutan dari Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, Drs. Muhammad, Kepala SMK Budi Perkasa menyampaikan ucapan terimaksih karena sudah diterima di SMK Muhammadiyah I Playen. Beliau menyampaikan bahwa melihat pendidikan Muhammadiyah sangat maju, SMK Budi Perkasa ingin belajar ke SMK Muhammadiyah 1 Playen.  SMK Budi Perkasa telah berdiri sejak tahun 1996, sampai saat ini dengan jumlah siswa 899. Program keahlian yang dimiliki SMK Budi Perkasa antara lain : Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Administrasi Perkantoran. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf jika kehadirannya kurang berkenan.

 Drs. H. Tamsir, M.Pd, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul menyampaikan juga ucapan selamat datang di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Beliau mengatakan,”Sekolah kami di Gunungkidul ini adalah sekolah yang biasa biasa saja, tidak ada yang istimewa sehingga kita juga bisa belajar dari SMK Budi Perkasa dengan saling menjaga komunikasi antara dua sekolah.”

Ketua Yayasan Guna Tirta  Yayasan Gunatirta berkomentar, “Alhamdulillah kami bisa bertemu dengan jajaran tim Muhammadiyah, terimakasih, kami sangat terkesan dengan penerimaan dari rombongan.”

Penjamuan studi banding SMK Budi Perkasa berlokasi di Gedung CoE SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke bengkel Teknik Mesin, Teknik Kendaraan Ringan,  Gedung CoE SMK Muhammadiyah 1 Playen dan saling bertukar informasi antar perangkat manajemen sekolah. Hasil komunikasi tersebut salah-satunya adalah ketertarikan SMK Budi Perkasa untuk menjalin kerjasama dengan Dudika di Jurusan Teknik Pemesinan seperti yang sudah dirintis oleh SMK Muhammadiyah 1 Playen selama ini serta SMK Budi Perkasa juga ingin mengetahui usaha sekolah untuk menjadi SMK Pusta Keunggulan. (Aswin-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *