Gunungkidul, muspla.sch.id – Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan kuota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

SMK Muhammadiyah 1 Playen telah mengikutsertakan sebanyak 100 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 20 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 31 Oktober 2020, SMK Muhammadiyah 1 Playen melaksanakan Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris denganTOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Ujian sertifikasi dilaksanakan pada pukul 08.00-10.00 di Lab Komputer AXIOO SMK Muhammadiyah 1 Playen. Sebelum ujian dimulai, Bapak Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, Drs. H.Wadiyo, hadir untuk meninjau dan memberikan motivasi kepada para siswa agar melaksanakan ujian tersebut dengan maksimal. Selain 20 siswa yang dinyatakan lolos, juga turut berpartisipasi dua orang guru sebagai peserta ujian sertifikasi.

Drs. H. Wadiyo, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, memberikan motivasi kepada para peserta sertifikasi tes TOEIC sebelum pelaksanaan ujian.

Mei Eka Wardhating Sri, S. Pd, Koordinator Kegiatan Tes TOEIC dari SMK Muhammadiyah1 Playen, memaparkan,” Program ini sangat bermanfaat bagi para siswa khususnya SMK Muhammadiyah 1 Playen karena penyelenggaraannya difasilitasi paket pembelajaran yang disampaikan jauh hari sebelum dilaksanakannya ujian. Hal ini mampu menjadi bekal  input materi dan katalisator belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Semoga program ini akan terus berlanjut dan selalu bersinergi dengan ketercapaian tujuan pendidikan nasional yang diharapkan.”

SMK Muhammadiyah 1 Playen melaksanakan Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK di Lab Komputer AXIOO.

(MEWS-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *