Gunungkidul, muspla.sch.id–Sabtu, 20 November 2021, SMK Muhammadiyah 1 Palyen (SMK Muspla) kembali melakukan perpanjangan kerjasama dengan PT Chemco Harapan Nusantara (CHN), perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur logam dengan produk berupa spare part mobil dan motor  seperti kampas rem, velg aluminium dan original casting ini merupakan perpanjangan tangan dari Perusahaan Nissin Kogyo Jepang. Dalam kegiatan ini, selain dengan PT CHN, SMK Muhammadiyah 1 Playen juga bekerja sama dengan PT Surya Prana Sesama, PT Putra Prima Abadi Perkasa, PT Karya Kasih Persada dan PT Kharisma Adyatma Arkananta.

Pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) berlokasi di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen dan dihadiri oleh semua Mitra SMK CHN yang berasal dari Propinsi Jawa Tengah (Kebumen, Purbalingga, Pekalongan , Pemalang Cilacap, Purworejo, Magelang) dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan dihadiri langsung oleh masing masing direktur perusahaan.

Direktur PT CHN, Tata Herdjendra Widhisatmaka dalam sambutannya menyampaikan bahwa tantangan ke depan bangsa Indonesia semakin berat, akibat dari kemajuan tehnologi. Industri otomotif contohnya, dengan hadirnya mobil listrik, maka dari 1200-an industri akan berkurang hanya menjadi 200 hingga 300-an. Tugas dan tanggung jawab untuk memajukan anak bangsa ini menjadi tugas kita bersama khususnya SMK, pemerintah dan industri. Untuk menghadapi perubahan global tersebut PT CHN bersama dengan industri lain serta SMK Mitra CHN akan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) di area Jawa yang pada akhirnya BLK tersebut akan digunakan secara bersama oleh SMK Mitra CHN untuk meningkatkan kompetensi siswa. Keberadaan BLK ini tentu harus mendapat dukungan dari SMK Mitra CHN sehingga tujuan yang diharapkan terwujud dengan baik. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan perkenalan dari masing-masing PIC perwakilan tiap kabupaten/kota. PIC Daerah Istimewa Yogyakarta diwakili oleh Bapak Sardi, Kepala SMK Muhammadiyah Gamping Sleman. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT CHN sehingga dapat bergabung sebagai SMK Mitra CHN. Beberapa waktu lalu area Yogyakarta telah mengirimkan tenaga kerja ke PT CHN termasuk 4 siswa dari BKK Mentari SMK Muhammadiyah 1 Playen. Sealin itu kerjasama dalam pelaksanaan PKL siswa juga rutin dilaksanakan di PT CHN. (Aswin-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *