Gunungkidul, muspla.sch.id–Komunitas pecinta sepeda motor SMK Muhammadiyah 1 Playen (Muspla Bikers) yang terdiri dari guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 1 Playen mengadakan baksos di Kampung 7 Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin – Selasa, 16 -17 Agustus 2021. Perjalanan dimulai dari Kampus Unit 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen, melewati Kampung wisata Jelok, Kampung Emas, Gunung Api Purba, dan sampaidi destinasi yang terakhir yaitu Kampung 7.

Muspla Bikers memperingati HUT RI ke-76 di Kampung 7, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-76. Bagi komunitas pecinta sepeda motor ini sendiri pastinya akan mempererat persaudaraan dan rasa kekeluargaan. Sedangkan bagi masyarakat umum, kegiatan bakti sosial ini adalah untuk membantu meringankan beban ekonomi warga Kampung 7, terutama di masa pandemi ini.
Seperti yang kita ketahui, akibat wabah pandemi Covid 19 semakin hari semakin berpengaruh terhadap perputaran ekonomi masyarakat terutama di wilayah yang dikenakan kebijakan PPKM. Khususnya di Gunungkidul dengan adanya kebijakan penutupan kawasan wisata menjadikan ketimpangan sosial-ekonomi di masyarakat sekitar. Hal ini tentunya mempengaruhi pendapatan masyarakat sekitarnya. Sebelum pandemi ini terjadi, tempat wisata Gunungkidul ramai dikunjungi para wisatawan sehingga masyarakat sekitar mendapatkan pemasukan dari hasil pendapatan obyek wisata. Namun, pada saat pandemi Covid 19 ini terjadi, nyaris tidak ada lagi pemasukan dari obyek wisata untuk masyarakat sekitar.
Kondisi tersebut, mengugah empati dari komunitas Muspla Bikers untuk membantu masyarakat sekitar obyek wisata. Oleh karena itu, dipilihlah Kampung 7 sebagai kegiatan bakti sosial melalui pembagian sembilan bahan pokok untuk warga Kampung 7 yang dilaksanakan bertepatan dengan acara HUT RI ke-76.

Muspla Bikers juga mengadakan baksos di Kampung 7 di HUT RI ke-76.

Koordinator kegiatan, Fajarudin, menyampaiakan “Harapannya dengan merayakan HUT RI ke-76 dengan kegiatan baksos dapat mengugah kesadaran kita bahwa mencintai bangsa Indonesia saat ini harus diwujudkan dengan peduli terhadap sesama”.(Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *