Gunungkidul, muspla.sch.id–Rabu, 24 Februari 2021, SMK Muhammadiyah 1 Playen (SMK Muspla) menyelenggarakan seminar pendidikan bersama Magister Pendidikan Guru Vokasi (MPGV) Universitas Ahmad Dahlan di Gedung Center of Excellence (CoE) SMK Muhammadidyah 1 Playen Unit II. Seminar tersebut terlaksana dengan sukses sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi. Seminar juga dihadiri Pimpinan Majelis Didasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul, Ketua Komite SMK Muhammadiyah 1 Playen, Kepala SMK, Kepala SMP/MTS , dan Guru di bawah naungan Amal Usaha Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul.

SMK Muhammadiyah 1 Playen menyelenggarakan seminar pendidikan bersama MPGV UAD di Gedung Center of Excellence SMK Muhammadiyah 1 Playen Unit II.

Seminar tersebut mengambil tema “Impelemantasi Edupreneurship dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Tamatan SMK”. Dalam sambutannya, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, Drs. H. Wadiyo menyampaikan bahwa seminar tersebut diprioritaskan pada salah satu misi program Center of Excellence, yaitu menumbuhkan jiwa wirausaha melalui dunia pendidikan. SMK Muspla yang telah dipercaya oleh pemerintah sebagai pusat keunggulan tersebut senantiasa melakukan perubahan secara dinamis untuk mempersiapkan kualitas SDM yang siap menghadapi tantangan kebutuhan dunia industri.

Narasumber utama seminar pendidikan tersebut adalah Dr. Tri Kuat, M. Pd, Kaprodi MPGV UAD. Beliau memaparkan materi tentang implementasi edupreneurship dalam dunia pendidikan khususnya jenjang SMK. Dr. Tri Kuat, M.Pd menjelaskan bahwa esensi edupreneurship mengacu pada usaha kreatif atau inovatif yang dilakukan oleh sekolah untuk memperoleh prestasi sekolah dan menambah income. Dalam hal tersebut, kepala sekolah merupakan seorang pemimpin yang harus mampu mengatur dan mengelola sekolah dengan baik. Bentuk kegiatan edupreneurship di ranah pendidikan dapat dilakukan melalui Teaching Factory (TeFa) ataupun Bussiness Center.

Sebagai narasumber, Dr. Tri Kuat, M. Pd, Kaprodi MPGV UAD, menyampaikan materi edupreneusrhip di depan peserta seminar.

Dalam seminar tersebut, Kaprodi MPGV UAD tersebut juga menyampaikan materi sosialisasi Program S-2 Pendidikan Guru Vokasi Universitas Ahmad Dahlan. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tenaga pendidik di Amal Usaha Muhammadiyah, UAD memberikan kesempatan kepada para tenaga pendidik tersebut untuk melanjutkan studi S-2 di UAD dengan beasiswa dan keringanan biaya SPP. Hal tersebut disambut dengan penuh antusias oleh peserta seminar yang notabene merupakan Kepala SMK, Kepala SMP/MTS , dan Guru Muhammadiyah Se- Gunungkidul.

Dengan terlaksananya seminar pendidikan tersebut, SMK Muhammadiyah 1 Playen berharap mampu menjadi agent of change dalam rangka menumbuhkan jiwa entrepreneurship para pendidik sebagai penggerak pendidikan dan para peserta didik sebagai komponen utama pendidikan yang akan siap menjawab tantangan global, yaitu mempunyai kompetensi unggulan yang sesuai permintaan dunia industri. (Mei-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *