Gunungkidul, muspla.sch.id – SMK Muhammadiyah 1 Playen telah menggelar acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan sukses. Kegiatan tahunan yang sering disebut MPLS ini berlangsung selama 6 hari mulai dari tanggal 20-27 Juli 2020. Pelaksanaan MPLS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana pada tahun ini lebih mengedepankan protokol kesehatan dan ketertiban siswa baru. Kegiatan ini dirasa sangat penting karena selain bertujuan sebagai sarana pengenalan profil dan lingkungan sekolah, juga sebagai sarana untuk menguatkan ikatan silaturahmi siswa baru terhadap SMK Muhammadiyah 1 Playen yang notabene akan menjadi rumah belajar mereka yang baru.

“Untuk jadwal kegiatan MPLS pada tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada beberapa kegiatan yang ditiadakan antara lain: PBB (Peraturan Baris Berbaris), LDDK (Latihan Dasar-Dasar Kepemimpinan), latihan rutin upacara, dan lain sebagainya, kecuali untuk kegiatan keagaamaan dan motivasi”, tutur Bapak Drs.H Wadiyo selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Wahyu Dwi Nugroho selaku Pembina IPM mengatakan, “Memang MPLS tahun ini sangat berbeda dengan sebelumnya terutama dari segi teknis pelaksanaannya di masa pandemi Covid-19 saat ini. Akan tetapi situasi saat ini jangan dijadikan sebagai penghalang untuk bergerak dan berkarya dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada para siswa baru. Apapun kondisi dan situasinya yang terpenting tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah”.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh semua pihak sekolah dan antusias para wali siswa baru serta pihak-pihak yang telah mendukung namun kegiatan ini hanya berlangsung sekitar 6 jam saja setiap harinya, mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB (setelah melaksanakan sholat dzuhur berjamaah). Agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumya yang biasa di mulai pukul 7 pagi dan berakhir pada pukul 3 sore karena mengingat bahwa kondisi masyarakat Indonesia saat ini masih dalam keadaan status tanggap darurat Covid-19. Keberhasilan MPLS kali ini tidak terlepas dari keterlibatan bapak/ibu guru pendamping dan tiga organisasi sekolah yakni IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), PKS (Patroli Keamanan Sekolah) dan, PMR( Palang Merah Remaja) yang ikut terjun langsung membantu kegiatan mulai dari persiapan sampai akhir acara.

MPLS kali ini ditekankan pada kegiatan pengenalan jurusan dan penjelasan sistem pembelajaran daring yang diampu langsung oleh guru TI dan teknisi profesional sekolah. Untuk kegiatan MPLS dan pengenalan jurusan berlangsung di Unit I dan Unit II SMK Muhammadiyah 1 Playen. Pengenalan jurusan lebih lanjut dilakukan dengan kunjungan siswa ke bengkel praktik mulai dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Bisnis dan Sepeda Motor, Teknik Pemesinan, Teknik Audio Video, dan Teknik Komputer dan Jaringan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Alhamdulillah, berkat kerja keras semua panitia, acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai yang diharapan. (Elda-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *