Gunungkidul, muspla.sch.id – Organisasi PKS (Patroli Keamanan Sekolah) Muspla (SMK Muhammadiyah 1 Playen) kembali menggelar kegiatan bersih masjid melalui program yang dinamakan “Gebres Masjid”, Sabtu (22/2/2020) untuk yang ke-2 kalinya. PKS Muspla sebelumnya telah mengadakan “Gebres Masjid” di Dusun Bolang, Giri Panggung, Tepus.

PKS SMK Muhammadiyah 1 Playen melaksanakan kegiatan “Gebres Masjid” di Masjid Al Ikhlas, Hargomulyo, Gedangsari.

Kegiatan “Gebres Masjid” putaran kedua ini diadakan di Masjid Al Ikhlas, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari. “Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan, dimana kegiatan yang semula direncanakan setiap dua bulan sekali,” kata Ketua Organisasi PKS Wahyu Satya Wardana, Sabtu (22/2/2020).

SMK Muhammadiyah 1 Playen berharap melalui kegiatan ini, sekolah mampu membentuk karakter siswa/i untuk lebih mendekatkan diri dengan tempat ibadah sekaligus membentengi diri dari pergaulan-pergaulan yang menyimpang di era milenial ini.

“Baru pertama kalinya mengetahui gerakan bersih masjid yang diadakan oleh sekolah dan dilaksanakan oleh siswa/i, harapannya kegiatan ini dapat dikembangkan lagi terutama untuk mengarahkan kegiatan kaum muda/i di musim liburan dan supaya tidak terjerumus dengan kegiatan-kegiatan yang negatif,” ulas Bapak Eko Sugiyanto selaku takmir masjid Al Ikhlas.

Selain siswa/i dan takmir masjid, ikut hadir pula sebagian jama’ah masjid yang turut berbaur dalam kegiatan bersih masjid tersebut. Selain untuk mendekatkan diri siswa dengan tempat ibadah, kegiatan ini juga bertujuan melatih siswa agar mampu bersosialisasi dan bergotong-royong dengan masyarakat. Hal tersebut akan sangat bermanfaat ketika siswa sudah lulus dari sekolah kelak.

“Saya berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih masjid di masjid Al Ikhlas, terlebih lagi untuk kegiatan pembersihan masjid yang sudah cukup jarang dilakukan secara bergotong-royong oleh masyarakat. Untuk itu saya mengapresiasi inisiatif dan sumbangsih Organisasi PKS Muspla ini dalam melakukan gerakan peduli bersih-bersih masjid, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan merata ke masjid-masjid lainnya,” kata salah satu jama’ah Masjid Al Ikhlas. (Wakhid-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *