Gunungkidul, muspla.sch.id – Dalam rangka melaksanakan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat), Magister Pendidikan Guru Vokasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Angkatan Ke-7 mengadakan kegiatan pelatihan dengan tema “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Produksi Bawang Goreng”. Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu (12/02/2020) di Masjid Al-Ijtihad Ngasemayu, Salam, Patuk, Gunungkidul. Program Pemberdayaan Umat tersebut bertujuan memberikan pelatihan kepada masyarakat khususnya pengembangan industri kreatif. Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan mengembangkan potensi desa yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan Prodamat Pendidikan Guru Vokasi UAD dilaksanakan di Masjid Al-Ijtihad Ngasemayu, Salam, Patuk, Gunungkidul.

Menurut Drs. Sutrisno, wakil mahasiswa S2 UAD, masyarakat saat ini harus kreatif dan inovatif, apalagi saat ini perkembangan teknologi sangat luar biasa cepatnya. Perkembangan teknologi ini mau tidak mau harus ditangkap masyarakat dengan cepat dan cerdas, agar kita tidak ketinggalan dengan teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sedapat mungkin harus lebih bermanfaat untuk kehidupan kita. Jika tidak, maka bisa jadi perkembangan teknologi saat ini justru akan berdampak buruk bagi kehidupan kita.

Mahasiswa Magister Pendidikan Guru Vokasi UAD Yogyakarta tanggap akan hal itu. Sehingga perlu melakukan pendampingan kepada masyarakat dengan mengadakan Prodamat tersebut dengan harapan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan nantinya mendatangkan keuntungan secara ekonomi bagi masyarakat.

Magister Pendidikan Guru Vokasi UAD bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Playen mengadakan kegiatan pelatihan “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Produksi Bawang Goreng”.

Kegiatan Prodamat ini juga didukung sepenuhnya oleh SMK Muhammadiyah 1 Playen. SMK swasta berbasis teknologi yang notabene terbesar di Kabupaten Gunungkidul ini berkontribusi dalam kegiatan tersebut dengan memberikan bantuan minyak goreng sebanyak 20 paket dengan harapan dapat menjadi modal usaha awal bagi masyarakat setelah mengikuti pelatihan. Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan satu alat pemotong bawang dan satu mesin pengering bawang goreng dari kelompok mahasiswa Pascasarjana UAD Prodi Pendidikan  Guru Vokasi.

SMK Muhammadiyah 1 Playen memberikan bantuan minyak goreng sebanyak 20 paket kepada masyarakat dalam Prodamat Magister Pendidikan Guru Vokasi UAD.

Dosen pembimbing UAD, Dr. Tri Kuat, dalam sambutannya berpesan bahwa kegiatan Prodamat ini diharapkan bisa membantu memecahkan permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat. Selain itu, program tersebut juga diharapkan mampu menjadi katalisator dalam menumbuhkan jiwa kreatifitas masyarakat untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan masyarakat melalui majelis-majelis taklim di Gunungkidul dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitarnya. (Wdy&Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *