Oleh: YUDI RAHMANTO (XII TKJ B)

muspla.sch.id – Perpustakaan SMK Muhammadiyah 1 Playen (SMK Muspla) “Baitul Hikmah“ sebagai lembaga pengelola segala informasi dari berbagai sumber belajar yang semestinya harus menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan mempunyai peran penting dalam menyuseskan atmosfer literasi di lingkungan sekolah yang notabene disebut sebagai sekolah swasta terbesar di Gunungkidul ini. Selain sumber belajar, Perpustakaan Baitul Hikmah juga diharapkan sebagai sarana untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kegemaran membaca serta sebagai acuan budaya literasi dalam menumbuhkan pendidikan karakter bagi guru dan para siswa di SMK Muhammadiah 1 Playen.

Begitu  pula terjadinya perubahan pada perpustakaan sekolah SMK Muhammadiyah 1 Playen sangat berpengaruh terhadap animo pengunjung . Dari tahun ke tahun dapat kita saksikan betapa sedihnya jika melihat kondisi fisik perpustakaan tersebut. Contohnya saja keadaan perpustakaan pada Tahun 2018 yang boleh di katakan sepi dari pengunjung. Tidak begitu banyak para siswa yang memiliki ketertarikan untuk mengunjungi perpustakaan tersebut. Mungkin hanya beberapa siswa saja berkunjung ke perpustakaan sekedar untuk meminjam buku pelajaran, novel, komik, ataupun mengembalikan buku yang telah di pinjam. Bahkan tidak banyak pula guru yang sering menggunakan perpustakaan tersebut sebagai wahana belajar. Mengapa demikian? Faktor yang pertama adalah jarak kelas dengan perpustakaan yang begitu jauh. Selain itu, jika kita ingin ke perpustakaan, kita diharuskan menaiki anak tangga yang sempit karena lokasi awal gedung berada di lantai tiga.

Namun tepatnya pada Tahun 2019, pihak sekolah mengembangkan sebuah gagasan baru mengenai perpustakaan. Akhirnya pihak sekolah memutuskan untuk memindahkan lokasi perpustakaan sekolah di sebelah selatan Masjid Abdurahman bin Auf. Gedung perpustakan nan megah dan nyaman akhirnya dapat dinikmati para guru dan siswa SMK Muspla. Hingga pada akhirnya Rabu (30/10/2019), SMK Muhammadiyah 1 Playen telah menyelesaikan visitasi penilaian kegiatan akreditasi perpustakaan dengan hasil yang memuaskan. Tentu saja, hal ini membuat tim akreditasi merasa bangga dan memperoleh nilai yang memuaskan.

Mulai tahun ini animo para siswa yang mengunjungi perpustakaan mulai berubah, bisa dikatakan mengalami peningkatan secara signifikan. Mereka terpesona melihat design baru perpustakaan sekolah yang menimbulkan sensansi rasa nyaman dan menyenangkan. Cat tembok yang warna-warni seperti pelangi dapat juga dimanfaatkan sebagai spot swaphoto ala jaman now. Jika kita berjalan ke sebelah utara, kita akan mendapatkan berbagai macam rak buku yang berisi koleksi buku pelajaran, humor, komik, novel maupun teknologi. Selain itu,  di sana juga sudah disediakan 4 buah komputer yang berisi OPAC yang dapat diakses pengunjung untuk mencari buku tanpa harus pusing-pusing .

Jika pengunjung sudah mendapatkan buku yang di inginkan alangkah senangnya duduk di ruang sebelah selatan front desk yang full AC dan TV. Yang terakhir, jangan pernah takut paket data kalian habis! Why? Di Perpustakaan Baitul Hikmah SMK Muhammadiyah 1 Playen ini tersedia free wifi untuk semua pengunjung. Semoga SMK Muspla selalu berkemajuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *