Gunungkidul, muspla.sch.id – Sabtu, 18 Januari 2020, para siswa pengguna sepeda motor Honda Supra SMK Muhammadiyah 1 Playen, “Supra Muspla”, mengadakan kegiatan bakti sosial di Pantai Drini, Gunungkidul. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan Pantai Selatan Gunungkidul bagi remaja pecinta club sepeda motor.

“Supra Muspla” bersiap-siap di Kampus 1 SMK Muhammadiyah 1 Playen menuju lokasi kegiatan.

Mengapa pilihannya adalah lingkungan pantai? Hal tersebut dikarenakan selama ini wisatawan yang datang ke Gunungkidul lebih banyak memilih tujuan ke pantai. Tentu saja, selain mendatangkan pendapatan daerah, para wisatawan juga mendatangkan sampah di lingkungan pantai. Akibatnya pantai tercemar oleh sampah dan terlihat kotor.

“Supra Muspla” melihat persoalan itu dengan mengadakan tindakan nyata, yakni bersih sampah di sekitar pantai. Dengan mengajak para siswa club motor Supra, SMK Muhammadiyah 1 Playen mengadakan rangkaian kegiatan baksos ke Pantai Drini. Dimulai dari sekolah mereka menuju ke pantai yang diikuti oleh kurang lebih 30 sepeda motor Honda Supra.

“Supra Muspla” mengadakan baksos dan bersih pantai di Pantai Drini, Tanjungsari, Gunungkidul.

Nampaknya gerakan “Supra Muspla” ini baru satu-satunya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Satu-satunya SMK yang memfasilitasi club motor dengan mengadakan kegiatan tersebut barulah SMK Muhammadiyah 1 Playen. “Harapannya kegiatan ini menginspirasi pihak lain, khususnya lembaga pendidikan SMK/SMA. Selain memberikan pendidikan peka terhadap masalah sosial, kegiatan ini juga meminimalisir hal-hal negatif di kalangan remaja semacam klitih yang akhir-akhir ini marak terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar salah seorang guru BK SMK Muhammadiyah 1 Playen sekaligus pembimbing “Supra Muspla”, Agus PW. (Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *