Gunungkidul, muspla.sch.id – Musibah banjir yang menerjang sebagian besar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada awal Tahun 2020 membuat kita turut prihatin. Bencana ini memang selalu datang, namun tidak pernah ada yang mengira kapan datangnya karena muncul dengan tiba-tiba.

Berbeda dengan bencana banjir pada tahun-tahun sebelumnya yang diakibatkan hujan yang mengguyur pada waktu yang cukup lama, banjir pada tahun ini disebabkan karena hujan yang deras namun dalam waktu yang singkat, sehingga banyak warga terdampak tidak sempat menyelamatkan diri karena tidak mengira akan datangnya banjir.

Melihat kondisi ini, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 1 Playen mengadakan penggalangan dana sumbangan untuk para korban banjir. “Selama tiga hari, kami bersama-sama berkeliling dari satu kelas ke kelas lainnya untuk menggalang dana bantuan korban banjir,” kata Ketua IPM SMK Muspla, Muhamad Ilham Hafid. Dana penggalangan ini selanjutnya akan kami salurkan melalui Lazizmu Kantor Layanan Muspla, kemudian dari Lazizmu Kantor Layanan Muspla akan diserahkan ke Lazizmu Kabupaten Gunungkidul untuk dijadikan satu bersama dari donatur lainnya.

IPM SMK Muhammadiyah 1 Playen menggalang dana untuk korban banjir Jabodetabek.

“Kami tidak hanya fokus pada dana yang terkumpul, akan tetapi hikmah dari penggalangan dana inilah yang menjadi fokus utama kami,” imbuh Koordinator Lazizmu Kantor Layanan Muspla, ustaz Hamim. Dapat kita ketahui bahwa dari penggalangan dana ini, selain memang bertujuan untuk meringankan beban penderitaan para korban banjir juga melatih mental dan pemikiran siswa untuk memiliki rasa peduli terhadap sesama, serta untuk beramal jariyah. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi para penerimanya. (@hamadsu-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *