GUNUNGKIDUL, muspla.sch.id – Tahun ini SMK Muhammadiyah 1 Playen, yaitu Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan melakukan suatu hal yang berbeda pada program kunjungan industrinya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Hari Selasa Tanggal 17 Desember 2019 SMK Muspla berkunjung ke kelas Industri Telkom yang ada di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal, Jawa Tengah.

Berangkat dari Gunungkidul pukul 03.00 WIB, rombongan yang terdiri dari 35 siswa beserta 6 guru pendamping SMK Muspla tiba di SMK Muhammadiyah 3 Weleri pukul 08.30 WIB. Rombongan SMK Muspla langsung disambut oleh pihak SMK Muhammadiyah 3 Weleri di ruang pertemuan yang telah disiapkan sebelumnya.

Perwakilan SMK Muspla, Saifudin bersama para staff guru/karyawan SMK Muhammadiyah 3 Weleri saat berada diruang pertemuan.

“Tujuan kami kesini adalah untuk mengenalkan kepada siswa SMK Muspla mengenai teknologi fiber optik yang dikembangkan oleh Telkom. Selain itu kami juga kesini untuk belajar dari SMK Muhammadiyah 3 Weleri yang telah menjadi sekolah percontohan, khususnya oleh Telkom yaitu kelas industri Telkom yang ada disini,” ungkap Saifudin. Keluarga besar SMK Muhammadiyah 3 Weleri menyambut dengan hangat rombongan SMK Muspla. Akan tetapi kunjungan berlangsung singkat dikarenakan pada hari yang sama, SMK Muhammadiyah 3 Weleri juga kedatangan tamu dari lain tempat. “Kami memohon maaf karena saat ini juga tengah berlangsung pelatihan dan sertifikasi teknisi instalasi fiber optik bagi guru SMK dari beberapa daerah di Indonesia dan kami juga ada kunjungan dari rombongan sekolah lain, sehingga mungkin kami tidak dapat mendampingi sampai selesai,” sambut Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Yusuf Darmawan.

Setelah mendapatkan sharing dalam membangun kelas industri di SMK serta seputar pengembangan kompetensi siswa, rombongan dari SMK Muspla diarahkan untuk dapat berkeliling untuk melihat gedung/ruang kelas industri Telkom.

Para siswa SMK Muspla saat mendapatkan pengarahan saat berada di Laboratorium Fiber Optik SMK Muga Weleri.

Setelah selesai berkunjung di Laboratorium Fiber Optik SMK Muga Weleri, rombongan SMK Muspla melanjutkan perjalanannya ke Masjid Agung Semarang dan mengakhiri rangkaian perjalanan pada kesempatan kunjungan industri ini dengan berkunjung di tempat wisata Lawang Sewu. @hamadsu-red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *