Gunungkidul, muspla.sch.id – Ujian Nasional (UN) yang sudah tidak dijadikan sebagai acuan kelulusan ternyata tidak menjadikan alasan SMK yang berjuluk Muspla ini untuk tidak mendongkrak prestasi akademis siswanya.

Untuk mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMK Muhammadiyah 1 Playen menggadakan try out berbasis komputer bagi siswa kelas XII. Try out ini dilaksanakan selama empat hari yaitu tanggal 13 sampai 16 Januari 2020, meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Mapel Kejuruan. “Setelah try out perdana ini, kami berharap para siswa lebih mampu menguasai cara mengerjakan soal-soal ujian, lebih singkatnya adalah melatih mental para siswa sehingga prestasi akademis tetap terdongkrak,” tegas Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, Drs. H. Wadiyo, pada saat memantau persiapan ruang ujian minggu lalu.

Suasana try out di ruang ujian berbasis komputer di SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Try out ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para guru pengampu untuk mengkaji ulang materi pelajaran sehingga siswa dapat lebih fokus dalam mempelajari materi menjelang dilaksanakannya UNBK.

Koordinator proktor dan teknisi, Syaifudin Zuhri Mustofa, menambahkan bahwa SMK Muspla tengah siap melaksanakan UNBK Tahun 2020. Beliau menyampaikan, “Buktinya adalah try out perdana ini, kami telah dapat melaksanakannya dengan baik.” Fasilitas UNBK di SMK Muspla sudah semakin lengkap. Tahun ini sekolah telah menyiapkan 5 ruang komputer berkapasitas 20–30 unit setiap ruangnya. SMK Muhammadiyah 1 Playen rencananya akan mengadakan UNBK untuk 371 siswanya yang terbagi dalam 3 sesi pada setiap harinya.

“Setiap ruang juga sudah diberikan fasilitas AC dan kelima ruang tersebut merupakan ruang komputer tetap, karena pada tahun sebelumnya beberapa ruang komputer kami masih merupakan ruang komputer tidak tetap.”, tambah Waka Sarpras, Triyono.

Menurut pantauan reporter muspla.sch.id, SMK Muhammadiyah 1 Playen lebih terlihat bersemangat dan optimis dalam persiapan UNBK Tahun 2020 ini, meskipun pemerintah telah mewacanakan bahwa tahun ini adalah pelaksanaan UN yang terakhir. Pihak sekolah berharap dengan semakin maksimalnya persiapan UNBK 2020 ini, akan turut menambah semangat para siswa dalam mengerjakan soal UNBK ini. Semoga penyelenggaraan UNBK tahun ini dapat berjalan dengan lancar. (@hamadsu-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *