Gunungkidul, muspla.sch.id – Rabu, 4 Desember 2019, SMK Muhammadiyah 1 Playen (SMK Muspla) bersama Universitas Ahmad Dahlan menggelar seminar pendidikan bertema “Transformasi Pendidikan Abad 21 untuk Mengembangkan Pendidikan Bermutu dan Berkarakter”. Seminar ini diselenggarakan di ruang pertemuan SMK Muspla Kampus 1.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas,  Aswinto mengatakan pemilihan tema seminar tentang pengembangkan pendidikan yang bermutu dan berkarakter tersebut merupakan upaya SMK Muspla untuk mewujudkan suasana mengajar yang bermutu serta untuk membangun kepribadian siswa yang berkarakter.  “Di Era Abad 21 ini, kami berupaya mencetak generasi yang tidak hanya pintar teori, namun juga generasi yang berkarakter,” ujarnya.

Dr. Tri Kuat, M. Pd. menyampaikan materi seminar “Transformasi Pendidikan Abad 21 untuk Mengembangkan Pendidikan Bermutu dan Berkarakter” di SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Pembicara utama seminar ini adalah Dr. Tri Kuat, M. Pd. dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Ada empat hal yang disampaikan oleh Dr. Tri mengenai paradigma pendidikan, yaitu (1) Belajar untuk Mencari Tahu (Learning to Know); (2) Belajar untuk Mengerjakan (Learning to Do); (3) Belajar untuk Menjadi Pribadi (Learning to Be); dan (4) Belajar untuk Hidup Berdampingan (Learning to Live Together). Paradigma tersebut ada tidak lain untuk mewujudkan kompetensi pada Abad 21. Kecakapan Abad 21 yang diperlukan antara lain Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation, Comunication, dan Collaboration.

Pada akhir penyampaian materinya, dosen Pascasarjana Magister Pendidikan Guru Vokasi (MPGV) Universitas Ahmad Dahlan ini menekankan bahwa diperlukan guru sejati untuk mewujudkan semua hal yang telah disebutkan di atas. “Setidaknya guru yang sejati memiliki sifat ikhlas mengajar karena Allah, terus belajar menambah ilmu, selalu tampil dengan cara baru, cinta dan sabar pada siswanya, dan kompak dengan koleganya”, tambah beliau. (@hamadsu-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *