Gunungkidul, muspla.sch.id –Senin, 11 November 2019, seluruh guru, karyawan dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. Dengan Pembina Upacara yakni Kepala Sekolah, Drs. H. Wadiyo, kegiatan ini berlangsung khidmat di halaman Kampus 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Kampus 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P. Batubara yang dibacakan oleh Drs. H. Wadiyo disampaikan bahwa setiap Hari Pahlawan, bangsa Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu peristiwa bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu, berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali tonggak  kekuasaannya di Indonesia.

“Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers  kita Bung Karno yang menyatakan hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar,” ungkapnya.

Mensos RI juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan juga membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini” dalam bentuk aksi-aksi nyata menolong sesama, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di SMK Muhammadiyah 1 Playen berlangsung khidmat.

Sebagai petugas Upacara Hari Pahlawan Tahun 2019 ini adalah para siswa Kelas X TKJ Axioo. Mereka  dapat melaksanakan tugas  dengan sukses dan lancar. (Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *