Gunungkidul, muspla.sch.id – Gerakan “Subuh Berjamaah” yang baru marak di Indonesia ini diikuti oleh para siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jika selama ini gerakan “Subuh Berjamaah” diikuti oleh jamaah pengajian, pengajian artis, penyuka kendaraan (bikers), dan lain-lain, gerakan “Bikers Subuhan Berjamaah Muspla” ini diikuti oleh para pelajar SMK. Dapat dikatakan bahwa gerakan ini baru satu-satunya di Indonesia.

Dakwah kultural ala siswa SMK Muspla dalam gerakan “Bikers Subuhan Berjamaah Muspla”

“Bikers Subuhan Berjamaah Muspla” diharapkan menjadi salah satu media syiar Islam di masyarakat khususnya Gunungkidul yaitu menjadi pengerak di masyarakat untuk memakmurkan masjid. Karena kegiatan sholat Subuh ini menjadi kegiatan yang sebenarnya sulit dilakukan jika tidak dijadikan sebagai sebuah kebiasaan.

Oleh karena itu, para siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen berusaha menjadi pelopor pengerak untuk mengajak masyarakat dalam membiasakan budaya sholat Subuh secara berjamaah. Berawal dari kegemaran para siswa penyuka kendaraan (bikers), maka muncul gagasan dakwah kultural dalam bentuk gerakan “Subuh Berjamaah” ini.   Mereka berkumpul di sekolah pukul 03.00 WIB. Setelah perserta berkumpul, berdoa bersama dilanjutkan dengan riding ke masjid,  tempat kegiatan yang dituju. Setelah sholat berjamaah dengan masyarakat, mereka mengadakan kajian ke-Islaman dan terakhir diadakan kerja bakti lingkungan masjid. Semoga para peserta bisa istiqamah mengikuti “Bikers Subuhan Berjamaah Muspla” dan semoga kegiatan semacam ini bermanfaat dan menginspirasi anak-anak muda untuk selalu menebar karakter yang mulia di masyarakat. (Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *