Gunungkidul, muspla.sch.id – Dalam rangka menyambut Bulan Ramadan, PMR SMK Muhammadiyah 1 Playen melaksanakan GOES, istilah dari kegiatan Gerakan pOEngut Sampah. Sesuai dengan namanya, ‘GOES’, maka kegiatan tersebut dilakukan dengan bersepeda santai. Mungkin sejenak kita berpikir, pungut sampah tapi dengan bersepeda? Apakah bisa? Jawabannya adalah sangat bisa tentunya, karena puncak kegiatan GOES dilakukan pada rute terakhir. Jadi, bisa kan bersepeda sambil pungut sampah?

Siswa PMR SMK Muhammadiyah 1 Playen berkumpul di alun-alun Pemda Wonosari untuk melaksanakan kegiatan GOES.

Rute GOES berawal dari alun-alun Pemda Wonosari kemudian berakhir di Telaga Jonge Semanu. Di Telaga Jonge inilah sampah-sampah akan dipungut. Perjalanan yang ditempuh sekitar 7, 6 km selama kurang lebih 1 jam. Meskipun jalan yang dilalui banyak yang menanjak tetapi para siswa anggota PMR ini tetap bersemangat dalam kegiatan GOES ini.

Perjalanan para peserta GOES menuju Telaga Jonge Semanu.

Ketika sampai di Telaga Jonge, para siswa langsung menyiapkan trash bags dan karung sampah.  Pungut sampah dilakukan menyebar di sekeliling telaga tersebut. Ada yang membersihkan sampah di pinggir telaga dan ada juga yang di sekitar gazebo. Keadaan di sekitar Telaga Jonge tampak tidak terlalu kotor, hanya saja beberapa sampah plastik dan botol-botol bekas jajanan masih terlihat berceceran di pinggiran telaga, sehingga membuat pemandangan di sekitar telaga kurang nyaman.

Kegiatan pungut sampah plastik dilakukan peserta GOES di pinggir Telaga Jonge Semanu.

Kegiatan GOES ini merupakan kegiatan yang sangat berpotensi dalam menumbuhkan karakter siswa , yaitu dapat melatih mental siswa yang biasanya acuh tak acuh dengan keadaan sekitar menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga menambah keakraban sesama anggota PMR SMK Muhammadiyah 1 Playen. (Wpr-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *