Gunungkidul, muspla.sch.id – Untuk kedua kalinya, pada hari Selasa (9/4), SMK Muhammadiyah 1 Playen mendapat kunjungan dari tim Coaching Clinic Jr. NBA. Kedatangan tim Coaching Clinic dari Jr. NBA tersebut untuk melaksanakan kegiatan Coaching Clinic Bolabasket Tahap 2 atau untuk Tingkat Starter di sekolah-sekolah, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan Coaching Clinic ini dilaksanakan di lapangan bolabasket Kampus 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen. Peserta kegiatan Coaching Clinic ini terdiri dari siswa kelas X terpilih yang berjumlah 32 siswa, dan dipimpin oleh 1 orang pelatih Jr. NBA dari luar negeri dan 1 orang pelatih terpilih dari Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan crew. Kegiatan tersebut dimulai pada jam efektif sekolah, tanpa mengganggu jalannya kegiatan pembelajaran bagi siswa yang lain.

Tim Coaching Clinic Jr. NBA berkunjung ke SMK Muhammadiyah 1 Playen

Kegiatan tersebut diawali dengan penyambutan kedatangan tim pelaksana Coaching Clinic di Kampus 1 SMK Muhammadiyah 1 Playen, yaitu bertemu dan berbincang langsung dengan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, Drs. H. Wadiyo. Kedatangan para tim pelaksana dari Coaching Clinic inipun disambut baik oleh pihak sekolah. Setelah acara ramah-tamah dengan Kepala Sekolah, tim segera bergegas menuju ke Kampus 2 untuk memulai sesi Coaching Clinic-nya.  Kegiatan Coaching Clinic ini berlangsung kurang lebih 1 jam, kemudian tim pelaksana dari Coaching Clinic tersebut pamit dan meninggalkan sekolah.

Kegiatan Coaching Clinic di lapangan basket SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Jr. NBA sendiri adalah sebuah program pembinaan bolabasket resmi dari NBA untuk para pemuda dan siswa sekolah, dalam hal ini untuk siswa di Indonesia, dan khususnya di daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksana Coaching Clinic di SMK Muhammadiyah 1 Playen inipun tidak main-main karena penatarnya adalah seorang pelatih Jr. NBA resmi yang berkebangsaan Portugal, bernama  Coach Natalia, dan didampingi oleh salah satu seorang pelatih pilihan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, bernama Coach Sandy. Pada kegiatan Coaching Clinic Jr. NBA kedua ini, ada satu hal yang menjadi kebanggaan SMK Muhammadiyah 1 Playen yaitu Coach Sandy, yang bernama lengkap Chrissandy Yudha Pratama , salah satu pelatih terpilih yang ikut melakukan Tour Coaching Clinic di lebih dari  1000 sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan guru olahraga dari SMK Muhammdiyah 1 Playen sendiri yang ikut dalam program Jr. NBA. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri bagi yang bersangkutan dan sekolah, bahwa salah satu guru dari SMK Muhammadiyah 1 Playen tersebut dapat berkancah tidak hanya di daerah Gunungkidul, tapi juga di luar daerah Gunungkidul, dan semoga dapat mengharumkan nama SMK Muhammadiyah 1 Playen dari sisi yang lain, selain dari sisi akademik tentunya. Dengan adanya program Coaching Clinic ini  diharapkan dapat mendorong dan mendukung partisipasi bolabasket pemuda dan siswa sekolah guna meningkatkan pengalaman bolabasket di sekolah, serta dapat mengajari para siswa mengenai dasar-dasar teknik olahraga bolabasket sembari menanamkan nilai-nilai karakter seperti jiwa bersaing, kerjasama tim, saling menghargai, dan sportivitas, khususnya di SMK Muhammadiyah 1 Playen. (Chris-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *