Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020 seolah menjadi ajang kompetisi bagi sekolah jenjang SMK/SMA/MA, khususnya di kabupaten Gunungkidul. Kebijakan pemerintah tentang pemberlakuan zonasi tidak sedikit memberikan dampak terhadap program PPDB di setiap sekolah. Meskipun sekolah swasta tidak terkena kebijakan ini secara langsung, namun dampak kompetesi penerimaan siswa didik baru sangat terasa di antara sekolah yang satu dengan yang lainnya.  SMK Muhammadiyah 1 Playen (MUSPLA) cukup menyadari realita tersebut, sehingga tak surut semangat dan usaha sekolah kami untuk membuat program-program yang menarik dan mampu meyakinkan masyarakat terhadap kualitas pelayanan pendidikan di sekolah kami sehingga pada akhirnya menjatuhkan pilihan pendidikan putra-putri mereka di SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Salah satu unit program PPDB MUSPLA tahun ini adalah pendampingan outbound training untuk para siswa SMP/MTS di kabupaten Gunungkidul pada umumnya, bahkan tak sedikit pula sekolah di luar wilayah yang sudah kami dampingi. Selain melaksanakan promosi program PPDB, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyegaran mental para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional yang akan datang. Walaupun beberapa sekolah juga telah menggunakan kegiatan yang sama dalam mempromosikan sekolahnya, MUSPLA Outbound Trainers telah mampu membuktikan eksistensinya dalam sebuah profesionalitas.

MUSPLA Outbound Trainers bersama Bapak Kepala SMP Muhammadiyah 1 Wonosari dan Bapak/Ibu Guru pendamping kegiatan outbound

SMP Muhammadiyah 1 Wonosari (MUTU) yang telah bertahun-tahun menjalin kerjasama dengan SMK MUSPLA masih mempercayakan pendampingan outbound training untuk para siswa tahun ini kepada kami. Pada hari Senin, 4 Maret 2019 berlokasi di Pantai Drini, Gunungkidul, MUSPLA Outbound Trainers membersamai 137 siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Wonosari dalam kegiatan outbound training. Walaupun MUSPLA sudah lama menjalin kerjasama dengan sekolah ini, kegiatan ini tetap mampu menjadikan suasana hangat dan menyenangkan bagi mereka. Hal ini dikarenakan MUSPLA Outbound Trainers selalu berinovasi dalam merancang games sebagai input utama dan ice breaking sebagai input tambahan dalam materi kegitan tersebut. Itulah sebabnya MUSPLA Outbound Trainers selalu mengedepankan profesionalisme dalam berkarya, sehingga tak bisa dipungkiri apabila permintaan dari sekolah-sekolah semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Berbagai macam games dan ice breaking kegiatan outbound.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Wonosari, Bapak Dadang Margono, S. Pd sangat mengharapkan bahwa kerjasama antara SMP Muhammadiyah 1 Wonosari dengan SMK Muhammadiyah 1 Playen akan terus berlanjut ke depannya. Beliau juga menambahkan bahwa kerjasama yang dijalin harapannya tidak sebatas kegiatan outbound saja, namun bisa dieksplorasi untuk program-program sekolah yang lain. (MEWS-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *