Wediombo, Jumat 22 Februari 2019 menjadi saksi kehangatan, kebersamaan, dan kejayaan SMK Muhammadiyah 1 Playen (Muspla) dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Waktu yang terasa sangat singkat, seiring bergeraknya sang waktu menuju penghujung pukul 11.00.

Berawal dari perjalanan yang begitu mengocak perut dengan kecepatan tinggi hingga sampai di lokasi Pantai Wediombo, Gunungkidul. Setelah tiba di Pantai Wediombo terbayar sudah rasa lelah dan pusing karena keindahan alam dan deburan ombak yang berkejar-kejaran. Detik demi detik pun dimulai. Di sana ada serombongan siswa menunggu kedatangan para trainer Muspla. Pertama kali melihat wajah siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogya ini, semakin menambah semangat suasana keceriaan.

SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta bersama Muspla Outbound Trainers di Pantai Wediombo.

Akhirnya sampai di tempat yang sejuk, dimulailah kegiatan serah terima peserta outbound SMP Muhammadiyah Yogya kepada Muspla outbound trainers. Bapak Zainal selaku pembina siswa MuCIL  menyampaikan bahwa ada 29 peserta yang diserahkan kepada tim trainer Muspla untuk mengikuti kegiatan outbound. Serah terima tersebut disambut oleh Ibu Hj. Rismi Wahyuni, selaku koordinator lapangan tim trainer Muspla. Suasana semakin  pecah saat tim trainer mengajak seluruh peserta untuk melakukan kegiatan warming up terlebih dahulu, yaitu dengan senam bersama Gemu famire.

Ibu Fajar selaku guru pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan. Berbagai games yang diberikan dapat melatih konsentrasi siswa dan menjadi salah satu wahana yang berdampak efektif dalam mengolah pola pikir siswa.

Tim trainer Muspla juga memberikan materi dengan mengkombinasikan 3 unsur yaitu: darat, air, dan udara. Ketiga poin tersebut diimplementasikan dengan metode yang berbeda. Adapun di darat, siswa  dapat merasakan kekuatan diri dalam mengeksekusi tiap permainan melalui seni kreasi. Kemudian di udara peserta bekerjasama saling membantu , tolong-menolong, dan teliti memecahkan permainan. Sedangkan di air, para siswa harus mempersatukan dirinya dengan air, artinya mau tidak mau mereka harus basah untuk merefleksikan tubuh seiring mengalirnya air.

Salah satu permainan dalam kegiatan outbound bersama SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Peralatan dan media kegiatan yang digunakan juga bervariasi. Suasana semakin menggelora dengan atmosfer yang diciptakan dari suara musik sound system yang mengiringi setiap kegiatan. Salah seorang peserta mengatakan bahwa game-nya seru dan menantang. Dia berharap ada kegiatan seperti ini kembali bersama Muspla. Kegiatan outbound ini diakhiri dengan mandi air laut dan foto bersama. Perjalanan pulang sangat membawa kerinduan yang mendalam bagi semuanya. (WDN-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *