Telah menjadi komitmen SMK Muhamadiyah 1 Playen, setelah para siswa selesai menempuh belajar di SMK maka para siswa akan disiapkan untuk masuk dunia industri. Komitmen ini menjadi slogan SMK Muhammadiyah 1 Playen, yaitu “lulus langsung kerja”. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan rekrutmen calon tenaga kerja dengan berbagai perusahaan di antaranya PT Polytron, PT Pacific Pertama Indonesia, PT Cemerlang, PT Honda Prospect Motor, dan lain-lain.

Petugas dari PT. Pasific Pertama sedang memberikan arahan kepada para peserta TES

Pada saat rekrutmen PT Pacific Pertama Indonesia tanggal 18 Februari 2019 ini diikuti oleh 279 siswa dari semua jurusan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Playen. PT Pacific Pertama Indonesia yang berada di Semarang adalah perusahaan yang bergerak di bidang furnitur skala ekspor ke berbagai negara Eropa. Adapun tahapan seleksi para calon tenaga kerja meliputi tes psikotes dan wawancara. Sembilan puluh tujuh siswa telah dinyatakan lolos seleksi. Nantinya, mereka akan langsung dikirim ke PT Pacific Pertama Indonesia setelah para siswa selesai mengikuti Ujian Nasional.

Seleksi calon tenaga kerja oleh PT Pasific Pertama Indonesia di SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Sementara itu, rekrutmen PT Polytron juga telah dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2019 dan diikuti oleh seluruh siswa jurusan Audio Video dan beberapa alumni. Tahapan seleksi PT Polytron meliputi tes tertulis, wawancara, dan praktik perakitan alat elektronika. Ke depannya, jika ada siswa yang dinyatakan lolos seleksi maka mereka akan mengikuti pelatihan selanjutnya di PT Polytron Kudus dan harus melalui tahap terakhir yaitu tes kesehatan (Medical Check Up).


Seleksi calon tenaga kerja oleh PT Hartono Istana Teknologi ( Polytron Kudus) Indonesia di SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Selaku Kepala Sekolah, Drs. H. Wadiyo sangat berharap para siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen dapat terserap di dunia industri secara maksimal. Hal ini disampaikan beliau dalam sambutannya saat menerima tim rekrutmen PT Polytron. Beliau berkata “Saya sangat berharap para siswa kami, setelah mengenyam pendidikan selama 3 tahun, mereka siap untuk bekerja di industri. Mereka pasti mampu bersaing baik di tingkat nasional bahkan internasional”. (APW-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *