Program perakitan laptop oleh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen .

Gunungkidul, muspla.sch.id – Para siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen sudah dibekali ilmu untuk merakit laptop sejak dini. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari SMK yang kerap disapa dengan nama MUSPLA ini. Tidak hanya sekedar merakit, namun para siswa juga diberikan fasilitas dan peralatan pribadi untuk melakukan perakitan laptop. Tentunya, instruktur yang melaksanakan pembekalan merupakan guru yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya, dan hebatnya lagi mereka sudah tersertifikasi oleh Axioo.

Perakitan laptop didampingi oleh instruktur berkompeten dan tersertifikasi oleh Axioo.

Instruktur yang mendampingi perakitan laptop ini adalah Bapak Sigit Cahyo Nugroho, S.Pd dengan dibantu oleh toolman Jurusan Audio Video dan Teknik Informatika, Bapak Febri Andreansah beserta wali kelas. Kegiatan diawali dengan briefing, dilanjutkan pembagian modul kepada para siswa. Namun sebelum siswa masuk ke ruang perakitan mereka terlebih dahulu diwajibkan mengenakan pakaian/jubah laboraturium lengkap dengan peralatan keamanan. Semua dilaksanakan dengan tertib berdasarkan SOP dalam perakitan laptop. Hal ini merupakan implementasi pada kelas industri yang telah bekerjasama dengan Axioo, yang mana seluruh kegiatan pembelajaran diarahkan untuk lebih mengedepankan praktik langsung dan nyata sesuai kondisi di lapangan kerja.

Para siswa memasuki ruang perakitan dengan tertib sambil mengenakan cover shoe.

Bapak Sigit mengatakan bahwa ini adalah perakitan laptop yang dilaksanakan pada tahun kedua dan untuk pertama kalinya menggunakan instruktur internal sekolah. Hal tersebut berbeda dengan tahun pertama yang masih mendatangkan instruktur langsung dari perusahaan Axioo.   “Kami harus cermat dalam mendampingi siswa melaksanakan kegiatan perakitan laptop, karena jika ada kesalahan maka garansi sparepart tidak dapat diberikan, artinya garansi hangus. Namun kami dapat melaluinya dengan luar biasa”, ungkapnya. (HAS-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *