Tim Verifikasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul berkunjung ke tempat praktik/bengkel SMK Muhammadiyah 1 Playen (Muspla). Maksud kedatangan Tim Verifikasi UKK adalah untuk mengecek kelengkapan peralatan praktik di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Hal ini dilakukan karena satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Dalam hal ini Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul mengutus Bapak Drs. H. Suharyanto, MM dan Ibu Dwi Haryati, M. Pd untuk bertindak sebagai verifikator.

Tim Verifikasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul mengunjungi SMK Muhammadiyah 1 Playen.

UKK merupakan uji kompetensi di mana nilainya akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan. Seperti dilansir dari laman psmk.kemdikbud.go.id bahwa “Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.”

Bengkel praktik untuk Jurusan Otomotif, Jurusan Mesin, dan Jurusan Audio Video dan Teknik Informatika dinyatakan layak untuk melakukan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK)

Maka dari itu SMK Muhammadiyah 1 Playen akan selalu berusaha untuk menjaga kualitas tempat praktik/bengkel yang disesuaikan dengan standar industri. Selain itu juga dengan terus menjaga kualitas pembelajaran dengan sarana prasarana yang lengkap dan memadai. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan terhadap masyarakat bahwa SMK Muhammadiyah 1 Playen ini benar-benar kredibel dan bisa dipercaya masyarakat untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Semua ini terbukti dengan diberikannya penilaian hasil verifikasi tersebut, yaitu layak untuk melakukan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun Ajaran 2018/2019 di ke tiga bengkel untuk Jurusan Otomotif, Jurusan Mesin, dan Jurusan Audio Video dan Teknik Informatika. (HAS-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *