SMK Muhammadiyah 1 Playen (Muspla) diminta untuk memandu kegiatan Hizbul Wathan (HW) di SMP Muhammadiyah 1 Semanu. Kegiatan HW yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 1 Semanu itu berjalan dengan lancar dan baik. Kami, beberapa siswa Muspla mendapat kepercayaan dari sekolah untuk mengemban amanah ini. Bagi kami, tugas ini sangat menantang dan menyenangkan karena kami dapat berbagi ilmu dengan adik-adik di sekolah lain.

Siswa Muspla memandu kegiatan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah 1 Semanu

Di awal kegiatan HW, kegiatan kami isi dengan perkenalan. Selanjutnya kakak-kakak pemandu dari Muspla membagi para peserta HW menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta menentukan nama kelompoknya masing-masing. Ada beberapa anak yang kebingungan untuk memberi nama kelompoknya, akhirnya kami ikut membantunya. Setiap kelompok juga diharuskan membuat yel-yel sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Di hari berikutnya, kegiatan HW kami isi dengan agenda lanjutan, yaitu penampilan yel-yel yang telah dibuat perkelompok di pertemuan sebelumnya. Karena waktu di pertemuan sebelumnya sangat terbatas, penampilan yel-yel baru dapat terlaksanakan di pertemuan selanjutnya. Selain pementasan yel-yel tersebut, adik-adik juga kita ajak membahas isi dari Janji HW. Tujuan pembahasan materi Janji HW adalah agar semua anak-anak mengetahui apa saja esensi dari Janji HW itu sendiri dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Di pertemuan berikutnya, kegiatan HW kami isi dengan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB). Tujuan pemberian materi ini adalah pembentukan kepribadian yang baik, disiplin, sopan, dan santun. Karena selama kami mengajar kegiatan HW di sana, kami melihat beberapa siswa yang tidak displin dan kurang sopan terhadap orang yang lebih tua. Walaupun demikian, hal tersebut justru memantik semangat kami untuk senantiasa berbagi ilmu dengan adik-adik dari SMP Muhammadiyah 1 Semanu. (MAP-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *