Pelatihan Kepemimpinan Taruna Melati 1 (PKTM) Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah 1 Playen dilaksanakan 2 hari yaitu Pada Hari Jumat s.d. sabtu 22 s.d. 23 September 2018 bertempat di Puncak Kampung Pitu, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Acara tersebut diikuti oleh 32 calon kader. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam rangka regenerasi pengurus organisasi.

Pemberangkatan peserta dilaksanakan di kampus 2 sesuai dengan jadwal. Bapak Kepala Sekolah Drs H. Wadiyo menyampaikan agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan penuh semangat, tanggungjawab, dan menggembirakan. Seluruh rombongan menuju lokasi dengan berkendara sepeda motor dengan menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit. Sampai di lokasi seluruh peserta mendirikan tenda, menyiapkan alat masak, dan mempersiapkan acara. Mengawali kegiatan, seluruh peserta mengerjakan soal pre-test untuk mengukur sejauh mana pengetahuan awal peserta terkait wawasan tentang Organisasi IPM. Menurut pembina IPM, Wahyu Dwi Nugroho, S.Pd.I.,  bahwa dalam paparan materi tentang kepemimpinan seluruh anggota IPM harus memiliki kreatifitas, inovasi, berpikir kritis, dan mampu menjalin komunikasi sert bekerjasama.

Para peserta mengikuti pelatihan kepemimpinan ini dengan sangat antusias. Malam keakraban begitu terasa dan hangat. Kegiatan malam dilanjutkan dengan jelajah malam di lereng Gunung Nglanggeran. Pengukuhan dilaksanakan di puncak gunung dan seluruh peserta siap menjadi kader IPM yang handal dan tangguh. Diakhir kegiatan, peserta melaksanakan Sholat Subuh, kemudian dilanjutkan olahraga pagi, dan sarapan. Sebagai penutup semua peserta mengikuti apel penutupan kegiatan. (wdn-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *