Gunungkidul, 11 Sepember 2018 – Menyambut tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1440 H, SMK Muhammadiyah 1 Playen melaksanakan Gerakan Bersih Masjid/Mushola (Gebres Mas) #2, di sebelas Masjid yang tersebar di Kabupaten Gunungkidul. Di tahun yang kedua ini, kegiatan ini menggandeng UPJ (unit pelayanan dan jasa) Jurusan Mesin yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Ketua Jurusan Mesin Ngadiran, S.Pd menyebutkan bahwa kegiatan Gebres Mas kali ini bekerjasama dengan jurusan mesin dalam pengadaan kotak infaq yang terbuat dari lempengan besi yang merupakan hasil kerja praktek siswa dan akan diberikan kepada masjid. Selain memberikan kotak infaq, dalam kegiatan ini juga dibagikan tempat sampah hasil karya siswa, jam dinding, serta penempelan stiker doa-doa sehari-hari.

Wahyu Dwi Nugroho yang merupakan pelopor dari Gebres Mas, menegaskan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Playen masih tetap konsisten dalam mensosialisasikan kemuliaan bulan syuro sesuai dengan dalil dari Al-Quran maupun As-Sunnah. Maka dari itu, SMK MUSPLA  memanfaatkan momentum pada bulan suro ini untuk mengadakan kegiatan Gerakan Bersih Masjid/Mushola ini.

Gerakan ini juga disambut baik oleh takmir masjid yang menjadi peserta, karena di yakini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Gunungkidul, untuk terus melakukan ibadah di masjid dengan nyaman. Bahkan mereka juga mengharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dengan lebih fokus kepada masjid/musholla yang kondisinya kurang, baik dari segi jumlah jamaah maupun kondisi bangunan. (hvd-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *