SMK Muhammadiyah I Playen bekerjasama dengan PT. Astra Honda Motor Yogyakarta mengadakan kegiatan SAFETY RIDING 2018 sebagai agenda tahunannya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU PT Astra Honda Motor (AHM) dengan SMK Muhammadiyah 1 Playen sebagai sekolah berbasis industri. Peserta kegiatan SAFETY RIDING ini terdiri dari siswa kelas X jurusan Otomotif (TSM & TKR) SMK Muhammadiyah 1 Playen yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 138 siswa. Teknis pelaksanaan kegiatan SAFETY RIDING ini dilaksanakan secara bergiliran, yang dimulai dari hari Kamis (16/8) dan berakhir pada hari Rabu (5/9). Kegiatan tersebut dimulai dari pagi sampai dengan siang hari pada jam sekolah.

 

para siswa berfoto bersama di Honda Safety Riding Center Yogyakarta

Menurut Muhammad Iqbal, kepala divisi safety riding Honda, kegiatan SAFETY RIDING sendiri adalah sebuah program edukasi dari PT. Astra Honda Motor yang berlandaskan prinsip Respect for Human Life, yaitu suatu kegiatan yang berusaha mewujudkan budaya berkendara aman sebagai salah satu agenda terpentingnya. SAFETY RIDING merupakan salah satu upaya dari PT. Astra Honda Motor untuk meningkatkan nilai-nilai keselamatan atau safety, baik pada pengembangan produk maupun pada program-programnya. Bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Playen, PT. Astra Honda Motor dalam hal ini ingin memberikan edukasi dan mengajak para siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen untuk dapat lebih menghargai diri, keluarga, rekan, dan orang-orang sekitar untuk kemudian dapat lebih aman dalam mengendarai kendaraan.

 

instruktur Safety Riding Honda Yogyakarta sedang memberikan pengarahan kepada para peserta

Kegiatan SAFETY RIDING ini dilaksanakan di Kantor Honda Safety Riding Yogyakarta, Jl. Jenderal Sudirman (depan RSU Bethesda Yogyakarta). Para siswa dari SMK Muhammadiyah yan mengikuti kegiatan SAFETY RIDING ini didampingi oleh para guru-guru dari SMK Muhammadiyah 1 Playen dan dibimbing langsung oleh instruktur SAFETY RIDING dari PT. Astra Honda Motor Yogyakarta, Mas Tri bersama dengan crew.

Materi yang diberikan diantaranya adalah resiko kecelakaan bermotor, cara berkendara yang baik, praktek simulasi bermotor menggunakan komputer dan praktek bermotor dengan berbagai jenis sepeda motor Honda. Praktek bermotor meliputi : persiapan fisik, pengecekan motor, kategori postur yang baik dalam bermotor, teknik pengereman, teknik menikung/berkelok, teknik menjaga keseimbangan, dan teknik menghadapi rintangan/jalan yang buruk. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, dapat mengajari para siswa mengenai pentingnya keselamatan berkendara di lalu lintas. (chris_asw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *