(Jum’at, 24-8-18-WDN) SMK Muhammadiyah 1 Playen mengadakan pelatihan manasik umroh yang diikuti oleh 350 siswa dan 70 guru dan karyawan. Kegiatan yang langsung dikoordinatori oleh Kepala Sekolah Drs. H. Wadiyo ini bertujuan untuk mengajak seluruh warga sekolah agar mau belajar tentang manasik umrah/haji serta untuk memotivasi untuk dapat melaksanakan umrah/haji yang sesungguhnya. Selain itu juga menumbuhkan semangat kebersamaan sehingga terbentuk sikap religius, disiplin, dan berkarakter.

Seluruh peserta melaksanakan kegiatan dengan penuh khidmat dan senang.

“Kegiatan ini sangat menyenangkan seperti berada di Masjidil Haram dan berharap bisa umrah/Haji yang sungguhan di Mekkah/Madinah”, kata salah seorang guru yang menjadi peserta.

Di awali dari Bir Ali yang disimulasikan didepan kantor DPRD Kab. Gunungkidul, setiap rombongan dipandu oleh masing-masing karom (ketua rombongan) untuk membaca labaika ‘umrotan kemudian membaca talbiyah secara serentak. Selanjutnya para rombongan menuju ke arah Ka’bah dan saat melihat Ka’bah pakaian ihram di lipat dibawah lengan, kemudian thawaf mengelilingi Ka’bah sambil melafalkan doa. Meskipun sambil membawa kertas panduan, para peserta melaksanakan dengan penuh khidmat. Dilanjutkan shalat 2 rakaat di depan Maqam Ibrohim dilanjutkan menuju ke Sumur Zamzam dimana para peserta meminum air Zamzam dan membasahi rambut dengan sedikit air Zamzam sambil melafalkan doa Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in. Dilanjutkan Sa’i dengan melantunkan doa-doa dan diakhiri dengan Tahalul (memotong rambut).

“Kegiatan ini akan kami jadikan sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya. Kami juga berencana melakukan pelatihan bagi masyarakat bahkan bagi siswa tingkat SMP. Karena kami yakin kegiatan ini juga dapat memotivasi umat Islam lainnya untuk dapat melaksanakan Ibadah Umroh maupun Haji sesungguhnya”, tambah Drs. H. Wadiyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *