Muspla kembali mengabdikan diri untuk masyarakat melalui kegiatan bakti sosial yang diprakarsai siswa siswinya yang terhimpun dalam wadah IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) bertempat di obyek wisata Jurug Gede, Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan sikap kepedulian siswa/i kepada alam dan wisata Gunungkidul. Kegiatan bakti sosial ini diantaranya adalah membersihkan lingkungan tempat wisata Jurug Gede dan pemasangan papan informasi serta plang ajakan untuk mencintai alam.

“Sebagai warga Gunungkidul kita harus memiliki rasa peduli kepada alam kita. Karena Gunungkidul ini memiliki potensi wisata yang banyak, maka kita harus membantu pemerintah untuk menyediakan tempat wisata yang nyaman, bersih dan aman bagi wisatawan. Sebagai umat Islam peduli kepada kebersihan itu sebagian dari iman” demikian sambutan Kepala Sekolah Drs. Sutopo Giri Santoso pada apel pemberangkatan kegiatan tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi wahana silaturahmi dan berlatih berinovasi untuk menjawab tantangan zaman dalam bergerak sosial kemasyarakan terutama kecintaan alam lingkungan.

Pelepasan Peserta Bakti Sosial SMK Muhammadiyah 1 Playen oleh Bapak Kepala Sekolah.

Kegiatan baksos peduli wisata yang dilaksanakan oleh 30 orang siswa IPM dengan didampingi oleh Bapak H. Setyo Budi S, Bapak Wahyu, Bapak Wahid, Bapak Aswinto, dan Ibu Dwi Putranti ini mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat Gembyong, Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul tempat dimana Jurug Gede berada. Lebih tepatnya pintu masuk menuju lokasi Jurug Gede berada di samping jembatan “SEMBADA HANDAYANI” yang pada tanggal 10 Januari 2017 kemarin telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X dimana jembatan ini menghubungkan wilayah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul. Selain dari tim baksos,  kegiatan ini juga diikuti para siswa yang tergabung dalam Muspla Honda Supra Biker Club dibimbing Bapak Agus Priyo W sehingga membuat suasana baksos semakin meriah.

Anggota Muspla Honda Supra Biker Club yang turut mengawal kegiatan baksos IPM Muspla.

Kegiatan baksos dimulai dengan acara serah terima bantuan dari Muspla yg diwakili Bapak H. Setyo Budi S, kepada Kepala Dusun Gembyong dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diwakili Bapak Sugiyanto. Bantuan berupa bibit tanaman dan plangisasi di sekitar obyek wisata. Setelah itu dilanjutkan pemasangan papan informasi serta plang ajakan untuk mencintai alam disertai dengan membersihkan lingkungan tempat wisata Jurug Gede.

(Kiri) Plangisasi yang ditempatkan pada lokasi Jurug. (Kanan) Penyerahan simbolis bantuan berupa bibit pohon yang akan ditanam disekitar lokasi wisata Jurug Gede.

Meskipun sempat diguyur hujan derasi tidak menyurutkan tim baksos dan warga untuk bergotong royong melaksanakan baksos. “Semangat, etos kerja, dan kebersamaan itulah yang manjadikan jiwa IPM dalam melakukan kegiatan baksos” papar ketua IPM ( Dandi). Harapan kami semoga setelah ada kegiatan bersih wisata Jurug Gede dari SMK Muspla, tempat  wisata ini semakin banyak pengunjungnya, tandas Dandi. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *