(Muspla News, 11/10/2017). Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar  Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 1 Playen, Muhammad Ainun Aziz, menyatakan bahwa SMK Mupla bekerjasama dengan para alumni telah mengadakan kegiatan sosial berupa dropping air bersih ke beberapa wilayah sekitar yang masih kekurangan air bersih. Kegiatan ini dilaksanakan pada 8-15 Oktober 2017. Program kegiatan sosial kemasyarakatan ini diwujudkan sebagai salah satu aksi nyata peduli sesama. Tujuan dari kegiatan ini adalah:

1. silaturahmi ke masyarakat dengan aksi nyata “IPM GPublic”,

2. menumbuhkan semangat kepedulian,

3. memberikan kontribusi kemaslahatan, dan

4. menanamkan sikap tanggungjawab dan kreativitas pelajar.

Beberapa wilayah yang menjadi sasaran kegiatan ini antara lain:

1. Ploso 2, Tepus 4 tangki,

2. Botodayakan, Rongkop 4 tangki,

3. Songbanyu, Girisubo, 2 tangki,

4. Soko, Patuk 2 tangki,

5. Planjan , Saptosari 2 tangki,

6. Wiyoko, Playen 2 tangki,

7. Suruh, Gedangsari 2 tangki, dan

8. SD Muhammadiyah Giring , Paliyan 2 tangki.

serah terima bantuan air bersih kepada warga diwakili oleh ibu siti Ngalifah S.Pd.I

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari sekolah dan alumni sehingga dapat terlaksana dengan lancar. “Terimakasih pada teman-teman IPM dan Alumni Muspla atas kepedulianya pada kami. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan semoga kegiatan ini bisa berlanjut karena kondisi air bersih di daerah kami bisa dikatakan minim terutama di daerah pengunungan yang hanya mengandalkan tadah hujan di bak penampungan.  Sehingga saat air habis kita harus patungan membeli air dengan harga satu tangkinya seratus lima puluh ribu rupiah, itu pun digunakan untuk 3-5 rumah.” tutur Nina (guru PAUD 35 tahun ).

Kegiatan sosial ini juga disambut meriah oleh para warga daerah sasaran. Hadir pula Bapak Dukuh dan Bapak RT setempat, serta para aktivis kemasyarakatan seperti  Kang Dodo Hizbullah. Mereka sangat mengapresiasi kegiatan sosial semacam ini dan berharap agar kegiatan ini akan terus berlanjut. (WDN-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *