Muspla News (20/9/2017). SMK Muhammadiyah 1 Playen telah melaksanakan kegiatan Long March dan Baksos 1 Muharam pada hari Rabu, 20 September 2017. Kegiatan ini merupakan program rutin sekolah yang diadakan setiap tahun. Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain:

  1. membangun semangat jihad pelajar untuk selalu tegar dalam mengarungi kehidupan.

  2. meningkatkan ukhuwah islamiyah dengan warga masyarakat khususnya di Bulu, Giring, Paliyan, Gunungkidul dan umumnya seluruh umat Islam.
  3. menumbuhkan sikap solidaritas terhadap sesama dengan gerakan dakwah amar makruf yang menggembirakan.

apel sebelum start pemberangkatan dari Lapangan Wareng, Wonosari

Long March 1 Muharam start dari Lapangan Wareng, Wonosari, Gunungkidul dan finish  di Masjid Ki Ageng Giring, Bulu, Giring, Paliyan Gunungkidul. Peserta yang mengikuti terdiri dari sebelas kelas siswa Kelas X (dari jurusan TKR, TSM, TPM, TKJ, dan Elektronika Audio Video) yang tentu saja didampingi oleh masing-masing wali kelasnya. Sejumlah 396 siswa yang dibagi ke dalam 45 sangga tersebut harus berjalan menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer sampai di titik tujuan.

salah satu kegiatan di POS pemberhentian siswa

Sepanjang perjalanan, para siswa diharuskan singgah di pos-pos untuk mengerjakan penugasan yang menyenangkan seperti halnya membuat yel yel, menghafalkan janji Pandu HW, menghafalkan UUD HW, sandi rumput dan lain-lain. Setelah sampai di lokasi baksos, peserta beristirahat sambil mendengarkan hiburan Muspla Nada yang dikomando oleh Bapak Nova Kumara, lalu dilanjutkan Sholat Dzuhur berjamaah.

Takmir masjid yang sering dipanggil Pak Pur mengucapkan terimakasih kepada keluarga Smk Muspla yang sudah peduli kepada jamaah warganya. Beliau juga mendoakan agar Muspla semakin jaya dan berkualitas. Hal tersebut beliau sampaikan pada kesempatan memberikan sambutan pembukaan acara baksos tersebut.

Dalam sambutannya, Bapak Drs H. Wadiyo, sebagai wakil pihak sekolah menuturkan bahwa hidup harus selalu berjuang serta mengajak seluruh jamaah elemen mayarakat untuk menguatkan aqidah agar tidak goyah terjerumus kesyirikan apalagi iming-iming dari agama lain.

Pengajian akbar yang disampaikan oleh Ustadz Sandi Rahman, S.Ag

Selanjutnya juga dilakukan penyerahan 100 paket sembako dari SMK Muspla kepada warga setempat secara simbolis. Sekolah juga menyelenggarakan pengajian akbar yang disampaikan oleh Ustadz Sandi Rahman, S.Ag. Dalam khotbahnya beliau menyatakan baha hidup ibarat “tamu musafir” di mana kita hidup di dunia seolah-olah bertamu di tempat yang semuanya adalah milik Allah. Maka sudah selayaknya kita harus berlaku sopan dan menggembirakan karena kita tidak akan lama dalam bertamu di dunia ini. Sedangkan musafir diilustrasikan bahwa kita selalu bergerak melakukan perjalanan hidup di mana suatu saat kita akan sampai tujuan yaitu maut maka bekalilah diri kita dengan takwa dan ibadah rajin.

Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama. Armada truk pun sudah disiapkan sekolah guna penjemputan para peserta menuju ke kampus SMK Muspla kembali untuk acara pembubaran. (wdn-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *