MusplaNews, 25/9/17. Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) II tahun 2017 yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta telah berakhir. Kegiatan yang belangsung dari tanggal 9 September sampai dengan 23 September 2017 ini telah menjadi program tahunan PWM DIY. Tahun 2017 ini merupakan tahun kedua kalinya OBJ diadakan.

SMK Muhammadiyah 1 Playen merupakan salahsatu sekolah yang menjadi peserta OBJ tahun 2017. Beberapa cabang lomba yang diikuti SMK Muhammadiyah 1 Playen diantaranya ; Gendhingisasi Gurit yang dibimbing oleh Ibu Dwi Putranti, Macapat dibimbing oleh Bapak Nova Kumara, Egrang Bamboo dibimbing oleh Bapak Wahid Sulaiman, Sandiwara Dagelan Mataram dibimbing oleh Bapak Wahyu Dwi Nugroho dan Pawai Ta’aruf dibimbing oleh Bapak Syaifudin Zuhri. Adapun perolehan kejuaraan dari beberapa cabang lomba tersebut diantaranya ; Juara II Macapat, Juara III Gendhingisasi Gurit, Juara I Egrang Bamboo, Juara II Sandiwara Dagelan Mataram, dan Juara I Pawai Ta’aruf.

Kontingen Olimpiade Budaya Jawa SMK Muhammadiyah 1 Playen

 

Hasil kejuaraan ini tentu membanggakan semua pihak, tidak hanya sekolah tetapi juga para siswa peserta lomba. Bagi sekolah tentu akan menambah daftar prestasi siswanya di bidang seni. Sedangkan bagi siswa peserta lomba tentu mereka akan bangga karena telah membawa nama baik sekolah. Selain itu mereka akan mendapatkan pengalaman yang berharga karena tidak semua mengalami menjadi salahsatu dutas ekolah yang ditunjuk untuk ikut lomba di tingkat Daerah Istimewa Yogjakarta.

Meskipun belum menjuarai semua cabang yang diikuti, namun hasil pada tahun 2017 ini membuktikan bahwa SMK Muhammadiyah 1 Playen masih konsisten mempertahankan prestasinya. Pada OBJ tahun 2016 yang lalu, SMK Muhamamdiyah 1 Playen menjadi Juara 1 tingkat DIY untuk cabang lomba Pawai Ta’aruf. Pada tahun 2017 ini SMK Muhammadiyah 1 Playen kembali menjadi Juara I Pawai Ta’aruf dengan perolehan skor 3010.

Siswa atas nama Septiandika BN kelas X OC dalam pentas lomba macapat putra

 

Karena kegiatan Olimpiade Budaya Jawa ini telah menjadi agenda tahunan Pimpinan Wilayah Muhammmadiyah DIY, SMK Muhammadiyah 1 Playen tentu akan mempersiapkan kompetisi ini lebih matang di tahun-tahun yang akan datang, agar prestasi kejuaraan dari setiap lomba dapat diperoleh secara maksimal. (APW-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *