Gunungkidul, muspla.sch.id – Senin, 16/09/2019  bertepatan dengan pelaksanaan upacara bendera, telah dilaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan kepengurusan IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Periode 2018/2019 kepada pengurus baru Periode 2019/2020.

Sebelumnya telah dilalui proses pemilihan Ketua Umum IPM secara demokratis yaitu melalui pemilihan secara langsung oleh seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen. Berdasarkan formatur, kandidat yang terpilih adalah 5 orang. Ipmawan  Muhammad Ilham  Kelas XI AVA terpilih sebagai Ketua Umum baru dan Ipmawati Ranesti Damarsuri Kelas XI TIA terpilih sebagai Sekretaris Umum.

Prosesi pelantikan ini diawali dengan parade barisan para calon pengurus IPM di halaman tengah lapangan upacara, kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pelantikan oleh Ipmawan Dandi Budi selaku Pimpinan Cabang IPM Wonosari . Setelah itu dilanjutkan pembacaan sumpah dan janji oleh Bapak Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, Drs.H.Wadiyo.  Prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta serah terima secara simbolis bendera organisasi IPM  dari ketua lama, Alan Nur P. kepada ketua baru, Muhammad Ilham. Setelah prosesi penyerahan bendera dilanjutkan prosesi pemakaian jas almamater IPM kepada Ketua Umum IPM yang baru oleh Bapak Kepala Sekolah .

Pelantikan pengurus IPM Periode 2019/2020 oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen berlangsung khidmat.

Setelah proses pelantikan berakhir, Bapak Kepala Sekolah berpesan “Kalian adalah siswa-siswi terpilih yang diberikan amanah oleh sekolah dan seluruh peserta didik untuk mengemban tugas menjalankan roda organisasi yang di dalamnya terdapat program-program yang seiring dengan program sekolah. Bekerjalah semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dengan mengacu pada program dan ketentuan yang berlaku dengan disertai tanggungjawab. Selamat berkerja dan laksanakan amanah ini dengan sebaik mungkin, IPM  jaya.”

Selaku pembina upacara, Bapak Agus Priyo Wasono juga menyampaikan pesan “Setelah pelantikan IPM periode baru ini, IPM harus ada peningkatan dari segi apapun. Saya yakin IPM tahun ini bisa mengemban amanah dan melakukan peningkatan di segala bidang. Kinerja IPM harus beda dari sebelumnya, tentunya harus lebih giat dan semangat menjalankan tugas .” “Siswa yang dilantik diharapkan dapat bekerja sama dengan sekolah untuk dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Dalam kepengurusan organisasi ini, siswa diajarkan untuk tetap menjadi pribadi yang rendah hati dan dapat menjadi panutan bagi siswa lainnya dalam segala hal yang dilakukan. Pihak sekolah dan pembina IPM  sangat berharap IPM dapat menjadi perpanjangan tangan Tuhan di sekolah dan terus berkarya bagi orang banyak melalui setiap kegiatan yang dilaksanakan”, ujar Wahyu Dwi Nugroho, S.Pd.I, MSI selaku pembina IPM  setelah upacara. (Alvian-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *