Gunungkidul, muspla.sch.id – AVTI Community mengadakan bakti sosial pengiriman air bersih ke sejumlah tempat yang mengalami kekeringan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan  pada hari Sabtu, 07/09/2019, di latar belakangi atas keprihatinan dari para guru dan karyawan Jurusan Audio Video dan Teknik Informatika (AVTI) SMK Muhammadiyah 1 Playen dengan mengetahui kondisi yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Sasaran kegiatan bakti sosial ini adalah Dusun Jarah II, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Di sini, bantuan dua tangki air diterimakan kepada keluarga dua orang siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen (SMK Muspla), yaitu Edi Cahyanto dan Andriansyah. Selanjutnya empat tangki air lainnya diberikan kepada warga masyarakat sekitar serta kepada fasilitas umum warga seperti tempat ibadah dan balai dusun.

“Kami sungguh prihatin atas kondisi saat ini. Ada berita bahwa sampai ada orangtua yang rela menjual ternak yang seharusnya menjadi tabungan sekolah anaknya. Semoga hal ini tidak terjadi pada siswa kami, dan kegiatan ini bisa meringankan keluarga dari siswa kami,” ungkap Syaifudin, pengajar sekaligus pengurus AVTI Community.

Warga mengaku sangat senang dengan adanya bantuan ini. Pihaknya mengucapkan terimakasih atas kerelaan dan kepedulian dari AVTI Community. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari warga sekitar, setiap tahun daerahnya selalu mengalami kekeringan terutama pada saat musim kemarau, sehingga masyarakat harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli air bersih.

Lilik Prasetiyo selaku ketua dari AVTI Community menyampaikan, “Sebenarnya kami tidak pandang bulu dalam pemberian bantuan berupa air bersih ini, hanya saja karena kami berada dalam lingkup Jurusan Audio Video dan Teknik Informatika SMK Muhammadiyah 1 Playen maka yang akan kami utamakan adalah keluarga besar kami terlebih dahulu, dalam hal ini adalah siswa kami. Kami juga berencana akan melaksanakan bakti sosial di wilayah lain, karena dari informasi yang kami terima, masih banyak warga Gunungkidul saat ini yang mengalami kesulitan air bersih.”

AVTI Community merupakan sebutan lain dari Jurusan Audio Video dan Teknik Informatika SMK Muhammadiyah 1 Playen. Selain aktif dalam bidang pendidikan, jurusan ini telah bekerjasama dengan industri yaitu POLYTRON dan AXIOO sehingga bisa dikatakan siap dalam turut serta mendidik warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul dan sekitarnya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Selain itu dalam bidang sosial, AVTI Community juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan, yaitu dengan melaksanakan program-program bakti sosial kepada masyarakat sekitar. (hamadsu-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *