Gunungkidul, muspla.sch.id – Darah merupakan komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia. Karena begitu pentingnya, hampir bisa dipastikan tidak ada kehidupan tanpa adanya darah yang mengalir dalam tubuh. Oleh karena itu, ketersediaan darah dalam tubuh manusia, baik secara kualitas maupun kuantitas sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Menyumbang darah merupakan langkah yang bijak untuk menyelamatkan kehidupan. Berpijak pada hal inilah para guru, karyawan dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen (SMK Muspla) mengadakan bakti sosial berupa kegiatan donor darah di sekolah. Sedekah darah yang akrab disebut dengan istilah “donor darah” tahun ini dilaksanakan oleh SMK Muspla pada hari Selasa, 20/08/2019. Kegiatan rutin tahunan yang difasilitasi oleh PMI Kabupaten Gunungkidul ini dikoordinir oleh H. Setya Budi, S.Pd dan Rudi Yunianto, S.Pd.I. Melalui sosialisasi yang cukup masif dan menarik, kegiatan ini dapat menghasilkan kantung darah sejumlah 25 ampul.

SMK Muhammadiyah 1 Playen menggandeng PMI Kabupaten Gunungkidul dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah di sekolah pada tanggal 20/08/2019.

Berdasarkan pengamatan penulis, pendonor merasa senang dengan kegiatan ini. Mereka sadar akan manfaat donor darah yang sangat baik untuk kesehatan, di antaranya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan resiko penyakit kanker, dan dapat mengurangi berat badan tanpa diet khusus, serta donor darah yang dilakukan secara rutin dapat digunakan untuk mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin. (Adk-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *