Gunungkidul, muspla.sch.id – SMK Muhammadiyah 1 Playen (SMK Muspla) bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Playen dalam kegiatan sosialisasi bahaya penyakit Anemia. Sosialisasi ini terbatas hanya diikuti oleh  siswa putri kelas X dengan jumlah peserta 50 siswa. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Kampus 2 SMK Muspla.

Sosialisasi bahaya penyakit Anemia oleh Puskesmas Kecamatan Playen di SMK Muspla.

Sosialisasi ini sangat penting mengingat siswa putri sangat rentan dengan penyakit Anemia (kekurangan darah). Beberapa dampak dari Anemia adalah menurunnya kebugaran karena kurangnya oksigen di dalam sel otot, menurunnya ketangkasan berpikir, menurunnya daya konsentrasi belajar serta dapat menurunkan kualitas kesehatan saat mereka nanti akan hamil di usia dewasa.

Pihak Puskesmas sangat senang karena para siswa antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan bermanfaat bagi para siswa. Setelah terlaksananya kegiatan sosialisasi ini nantinya pihak Puskesmas akan mengadakan pengecekan darah bagi para siswa putri untuk mendeteksi apakah ada yang terindikasi memiliki penyakit Anemia. Seandainya ada yang memiliki penyakit tersebut akan dilakukan upaya pencegahan dan pengobatan sedini mungkin. (Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *