Gunungkidul, muspla.sch.id – Kegiatan Pengenalan Lingkungan  Sekolah (PLS) Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMK Muhammadiyah 1 Playen telah selesai dengan menuai sukses. Pengenalan Lingkungan Sekolah yang dulunya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan guna menyambut kedatangan siswa baru dan mengantarkan mereka masuk ke lingkungan sekolah yang baru. Kegiatan ini dikemas di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Kegiatan indoor di antaranya para siswa baru mendapatkan materi berupa penjelasan tentang Profil Sekolah, Penjelasan Etika dan Pendidikan Karakter, Kesehatan Sekolah dan lain-lain. Sedangkan untuk kegiatan outdoor di antaranya adalah Latihan Baris-Berbaris yang diadakan di halaman sekolah.

Upacara pembukaan PLS Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMK Muhammadiyah 1 Playen berlangsung khidmat

Drs. H. Wadiyo, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen, dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan PLS adalah agar siswa baru mengerti dan dapat menyesuaikan diri dengan visi dan misi sekolah. Selain itu kegiatan PLS diharapkan menjadi ajang saling mengenal antara siswa baru dengan lingkungan sekolah yang baru terutama terhadap guru, karyawan, siswa kelas XI dan kelas XII.

LDDK Kelas XI dan XII SMK Muhammadiyah 1 Playen dilaksanakan di Lapangan Bandung, Playen

Sedangkan untuk memperkuat pembentukan karakter kedisiplinan, siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen khususnya kelas XI dan XII diikutsertakan dalam kegiatan Latihan Dasar-Dasar Kepemimpinan (LDDK). Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Bandung, Playen yang langsung dipandu oleh personil TNI Koramil Playen. Hasil pendidikan LDDK ini diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang lebih disiplin dalam mengikuti proses pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Playen. (Apw-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *