Gunungkidul, muspla.sch.id – Kegiatan class meeting jelang penerimaan rapor sering diidentikan dengan kegiatan porsenitas siswa. SMK Muhammadiyah 1 Playen (Muspla) juga mengadakan kegiatan serupa dengan class meeting hanya saja tampak beda pelaksanaannya. Kegiatan ini diberi nama Muspla Vocational School Competition. Tahun ini porsenitas digelar setelah liburan lebaran / Hari  Raya Idul Fitri 1440 H.   Kegiatan ini dicetus salah satunya untuk mengisi waktu luang di sela-sela menunggu waktu  remidial dan pembagian rapor semester genap.

Ajang lomba pentas seni dalam kegiatan Muspla Vocational Competition dilaksanakan di GOR Kampus 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Kegiatan  ini juga  merupakan  kegiatan yang rutin dilaksanakan setelah ujian akhir sekolah, yang bertujuan untuk me-refresh kembali pikiran peserta didik, mengembangkan bakat dan minat siswa agar dapat berguna di masa yang akan datang serta menjalin ukhuwah islamiyah antar kelas. Sekolah mengamanahkan kepada PR IPM untuk menjadi panitia kegiatan porsenitas ini. Wahyu Dwi Nugroho, MSI menyampaikan, “Justru even seperti inilah yang saya sangat dukung, karena selain untuk mengisi waktu luang di sela-sela remidian tetapi ini juga bisa untuk mencari generasi pecinta olahraga di masa mendatang, serta siswa juga bisa berlatih kekompakan kerja tim”,  tutur beliau sebagai Pembina IPM dan juga pendamping kegiatan porsenitas ini.

Pertandingan futsal dalam kegiatan Muspla Vocational Competition dilaksanakan di lapangan utama Kampus 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen

Kegiatan ini diikuti oleh kelas X dan kelas XI mulai dari jurusan Otomotif , jurusan Mesin, jurusan Audio Video dan Teknik Komputer Jaringan di Kampus Unit 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen. Kegitan ini berlangsung selama satu minggu, mulai tanggal 17 – 20 Juni 2019. Setiap pagi sebelum kegiatan selalu diawali dengan apel pagi oleh pembina IPM dan waka kesiswaan. Kegiatan ini  dimulai pukul 07.30 sampai pukul 13.00 WIB dengan diakhiri solat dhuhur secara berjamaah. Kegiatan porsenitas ini tidak terlepas dari dukungan kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina IPM serta segenap pengurus PR IRM SMK Muhammadiyah 1 Playen yang telah berpartisipasi serta memberikan dukungan kegiatan ini. Tak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para siswa yang telah mengikuti acara porsenitas ini sehingga dapat terlaksana dengan lancar.

Pertandingan bola voli dalam kegiatan Muspla Vocational Competition dilaksanakan di lapangan bola voli Kampus 2 SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Adapun cabang lomba yang terdapat dalam kegiatan ini meliputi cabang lomba futsal, bola voli dan pensi/pentas seni. Kegiatan ini terlaksana dengan meriah , bahkan  siswa-siswi sangat berantusias  untuk menyaksikan pertandingan serta pentas seni  ini dari mulai acara sampai akhir acara .

Adapun  hasil kejuaraan di cabang lomba futsal ini berhasil  diraih kelas XI MA, juara 2 diraih oleh kelas XI MC, dan juara 3 diraih oleh kelas XI OD. Untuk cabang lomba bola voli juara pertama berhasil  diraih oleh kelas X OB, juara 2 diraih oleh kelas XI OC, dan juara 3 diraih oleh kelas XI TIB. Untuk cabang lomba pensi juara pertama berhasil diraih oleh kelas X TIA, juara 2 diraih kelas X OB, dan juara 3 diraih oleh kelas X MC. Untuk mekanisme penyerahan hadiah akan dilaksanakan besok pada awal masuk sekolah sekitar tanggal 15 Juli 2019.

“Semoga dengan adanya kegiatan porsenitas ini dapat menambah minat siswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah khususnya di bidang olahraga, terutama kelas X “, ujar ketua kegiatan porsenitas, Ivan Nurdiansyah.  Semoga acara serupa bisa berlangsung sangat meriah lagi di tahun mendatang. (Elda-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *