Komunitas muslim yang berada di negara bagian Rakhine, Myanmar sedang mengalami genosida. Sebagaimana diketahui bahwa genosida merupakan kejahatan dan kedzaliman yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur Keislaman dan kemanusiaan. Oleh karena itu, genosida dengan dalih apapun tidak sepantasnya tumbuh di belahan bumi manapun.

SMK Muhammadiyah 1 Playen sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) terbesar di Kabupaten Gunungkidul mencetuskan aksi cepat tanggap terhadap problematika keumatan, meskipun terjadi di negeri seberang nan jauh di sana. Hal itu diwujudkan dengan aksi nyata melalui program penggalangan dana kemanusiaan yang diberi nama Donasi Muspla Peduli Rohingya. Program tersebut disambut dengan baik oleh guru, karyawan maupun siswa sekolah yang akrab disebut dengan Industrial Based School tersebut.

Penyerahan dana kemanusiaan Peduli Rohingya melalui LAZISMU PDM Gunungkidul

Donasi yang diinisiasi oleh sekolah yang terletak di jalan Wonosari Jogja km. 03 tersebut menghasilkan dana kemanusiaan dengan jumlah total Rp 13.311.200. Dana kemanusiaan tersebut telah ditasharrufkan melalui LAZISMU PDM Gunungkidul. Serah terima dilaksanakan oleh Drs. H. Sutopo Giri Santoso selaku kepala sekolah kepada Wahyudiyono, S. Pd. I, M. Pd. I selaku ketua LAZISMU PDM Gunungkidul pada hari Rabu, 22 Dzul Hijjah 1438 H. (AdikAR-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *