Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY telah menyelenggarakan Pawai Ta’aruf dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) pada hari Sabtu, 9 September 2017. Ajang ini menjadi sarana pengembangan budaya Jawa dan kreativitas pelajar di lingkungan DIY. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara terhadap kota Jogjakarta.
SMK Muhammadiyah I Playen (Muspla) menjadi salah satu sekolah yang mengikuti Pawai Ta’aruf OBJ tahun 2017 ini. Dengan mengusung konsep, “Dari Gunungkidul yang ijo royo-royo, untuk Jogjakarta yang gemah ripah loh jinawi”. Ijo royo-royo itu dilambangkan dengan kostum penari yang mengenakan pakaian adat Jawa dengan corak hijau. Sedangkan gemah ripah loh jinawi tersebut nampak dari kostum icon yang warna warni dan pasukan tari putra yang dengan gagah perkasa mendampingi para penari putri dengan iringan musik Kompang dan gamelan Remix.

wisatawan mancanegara ikut berpose dalam tarian pawai OBJ 2017

Pada Pawai Ta’aruf OBJ yang pertama tahun 2016, SMK Muspla menjadi juara pertama tingkat DIY. Maka pada tahun 2017 ini, SMK Muspla berharap dapat mempertahankan kejuaran tersebut kembali. Seperti yang diungkapkan ketua panitia OBJ SMK Muspla tahun ini, Bapak Syaifudin Zuhri, ” Kita sudah berusaha maksimal mempersiapkan OBJ tahun 2017 ini. Konsepnya tentu saja berbeda dengan tahun lalu. Semua telah berusaha maksimal dan kita berharap menjadi juara pertama kembali.”

Koordinator Pawai Ta’aruf OBJ, Bapak Edi Prajaka sangat mengapresiasi penampilan kontingen SMK Muspla. Di depan panggung kehormatan, kontingen SMK Muspla mendapat sambutan meriah dari para penonton dan tamu undangan. Saat siswa-siswi kontingen SMK Muspla beraksi membawakan tarian berkoreografi Jawa modern secara serentak, sorak sorai dan tepuk tangan penonton tak henti diberikan sampai aksi pertunjukkan tersebut selesai. Selain itu beberapa penonton tak canggung untuk meminta foto bersama para penari SMK Muspla. “Luar biasa penampilan anak-anak SMK Muhammadiyah I Playen”, kata Pak Edi di atas panggung kehormatan.(apw-red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *